Friday, October 30, 2009

beberapa esensi

gua mencuplik beberapa esensi dari mata kuliah yang gua dapetin dan pelajaran dari kecil ampe lulus sma
esensi ini bersifat subjektif yaaa

ini mengenai alam..
karea gua belajar di fakultas MIPA, jadi ngurusin yang alam2
saya melihat bahwa banyak hal yang bisa kita-makhlus sosial- pelajari dari alam yang ga hidup (bukan hewan ato tumbuhan)


1. mekanika klasik
mekanika klasik mengajarkan ke gua, segala sesuatu membutuhkan planning
walaupun pada akhirnya ga semua faktor bisa kit ahitung, tetapi planning ada untuk dijadikan acuan KETIKA penghalan itu tidak ada
lagipula, kalo anda cermat, planning anda ga akan jauh2 amat dari hasilnya kok, hehehe
seperti memodelkan sebuah roket dengan daya tertentu dan massa tertentu, kita bisa ngukur dia bisa terbang sampe ketinggian berapa

2. mekanika kuantum
tetapi ada batasan di mana kita ga bisa mengukur segala sesuatunya
mekanika kuantum yang EKSTRA KONYOL ini bener2 membuat penalaran umum manusia bergeser dalam jumlah besar !
kelakuan elektron sebagai gelombang yang cukup konyol di mata saya
masih saja dipelajari..
tetapi di sini lah esensi keduanya
walaupun ada hal yang ga bisa diprediksi sepenuhnya, permodelan idealistik membolehkan kita memelajari hal yang ga bisa kita liat itu
jadi, esensi dari materi ini ada dua
yang pertama, GA SEMUA HAL BISA DIPREDIKSI, cool down man !
yang kedua, TETAP, planning adalah hal penting dalam suatu kegiatan terstruktur. walaupun ga semua hal bisa diprediksi, tapi palnning bisa memberikan anda jalan keluar dalam masalah

3. dualisme partikel
ketika belajar elektron...
kemaren lucu deh, ngajarin dualisme
elektron sebagai partikel tapi juga sebagai gelombang
pada satu saat kita tau elektron itu pasti ada
tapi kita ga pernah tau, di mana persisnya dia berada
kita tau dia ada, walaupun kita gatau dia dimana
seperti pikiran
anda tau pikiran itu ada, tapi anda ga tau persis pikiran itu di mana bukan ?
and alagi senang ?
di manakah senang itu ?
di hati ? di manakah hati itu ?




gua BERSYUKUUUUURRRR BANGET sejujurnya mengenal ilmu kimia yang seperti ini
memelajari kecenderungan reaksi
belajar untuk bikin planning
tapi pada saat yang sama menghadapi fakta bahwa prediksi kita bisa saja salah
ngajarin ke gua untuk terus terus terus eblajar, tapi ga pake sombong !
karna apapun yang gua lakukan, gua berpotensi untuk salah !

belajar mekanisme reaksi
reaksi simpel a+b ---> c+d
tapi nyatanya banyak tahapan reaksi
kalo ingin memercepat lajunya atau mengubah reaksinya, saya seringkali harus masuk ke dalam tahapan itu, buka hanya di luar, di a b c dan d
saya belajar untuk menganalisa masalah
menyelesaikan masalah pada titk persoalannya, bukan pada kulit luarnya

belajar analitik
belajar bahwa kesalahan kecil bisa berakibat begitu fatal !
belajar analisis kualitatif
belajar bahwa untuk memastikan sesuatu, anda seringkali ga bisa melakukan satu uji
anda seringkali butuh uji kedua atau ketiga
sampe tidak ada yang bsia menyangkal anda dengan kemungkinan lain
belajar untuk tidak terlalu yakin dan arogan



ini yang saya cintai dari ilmu kimia..
keragamannya, esensinya dalam hidup, SUSAHNYA hahahah
gua lebay ya ? yauda deee
hehehe
maaf yaaa kalo mengganggu
semoga berguna buat anda semua ! (hah?)






-kitti-ilmu itu makin indah, jika anda mengerti esensinya-

No comments: