Wednesday, March 11, 2009

who is my mother ?!?

OKAY, untuk mencegah miringnya berita !!!
- bonyok gua ga ada yang selingkuh
- gua kayaknya bukan anak adopsi (at least that's what i know till now)
- ini mengenai ideologi ! bukan gosipin emak2 di luar sana

sekedar curhat dikit, kemaren ini saya jalan2 ke panti asuhan
tepatnya karena kakak saya mau liat2 anak untuk diadopsi sih
tanpa ada hubungan dengan kakak saya... (buat apa disebut -.-')
saya kembali merenung seketika saya pergi dari luar pintu si panti ini
kalo ga ke panti, mungkin hal seperti ini ga akan jadi fokus pikiran saya
(pernah si melintas tapi ga ampe merenung)

selama ini saya manggil ibu2 rambut keriting yang hobi pake make up itu 'mami'
dan bapak2 yang kayak colonel sanders versi kurus itu 'papi'
dan saya dari dulu selalu beranggapan dan super kekeuh, bahwa orang tua saya adalah orang yang uda ngebesarin saya ampe skarang, ngejagain saya
kalo mereka tidak ngebesarin saya ato malah nyelakain, mereka bukan orang tua saya
itu yang sampe detika ini saya pegang

sebetulnya, untuk membuka pikiran kita
apa sih orang tua buat kalian ?
buat saya, bukan orang yang ngelahirin
tapi lebih ke siapa yang ngerawat saya
dan kalo sampe saya ternyata anak adopsi
saya tidak punya hal untuk disedihkan
secara gua punya keluarga yang sayang ama gua
nothing less...

ketika pikiran ini muncul
apakah orang yang ngelahirin saya harus saya panggil 'mami' juga ?
apa yang ngehamilih dia saya sebut sebagai 'papi' ?
yang jelas belum tentu si ibu ini suka dandand rambut keriting dan yang ngehamilin dia belom tentu mirip colonel sanders ya

mungkin buat saya, kelahiran saya di dunia adalah sebuah insiden yang tidak spesial
saya kebetulan lahir di sini
mungkin kalo ga disini, ya di tempat lain
intinya, pada suatu titik, percuma mempertanyakan kenapa saya lahir
(itu filosofis, bisa panjang)
dan lahir dari manapun saya, saya tidak peduli
saya cuma bisa bilang terima kasih banyak uda sakit2 9 bulan apalagi pas ngelahirin
tetapi itu pilihan anda mau melahirkan saya atau tidak
dan yang spesial adalah ketika ada 2 orang yang ngeliat saya, terus saya ga dibuang, dirawat ampe ga muat masuk perut lagi (ngeri banget kalo muat mah)
itu yang buat saya luar biasa
dan tambah luar biasa lagi tentunya kalo uda sakit2 ngelahirin terus dirawat !

buat saya, orang yang mau mengadopsi anak yang bukan dari rahimnya dan dirawat ampe besar
adalah orang2 yang bisa menunjukkan cinta kasih
dan orang seperti merekalah yang pantes disebut orang tua
dan merekalah manusia sesungguhnya

entah mengapa banyak orang yang ga bisa sayang ama anak adopsian
padahal mereka uda deket dari si bayi beberapa bulan doang
mungkin cinta kasih ini yang harus dipertanyakan

kembali ke topik tadi
siapakah orang tua kalian ?
mengapa mereka kalian sebut orang tua ?

semoga post ini bisa membuat kalian sadar posisi orangtua kalian
apakah mereka pantas kalian sayang atau tidak
dan apakah kalian sudah memperlakukan mereka sebagaimana mestinya

-kitti-siapa ibumu?-

No comments: