Sunday, March 15, 2009

nationalism ?

bener gak tuh nulisnya ? (kalo salah maap ya)

mengenai nasionalisme
sya mau tau, temen2 menganggap nasionalisme itu apa
nanti tolong ditulis di komen yaa

saya sendiri nganggep nasionalisme itu sebagai suatu secintaan terhadap suatu negara
berhubung saya dari dulu di indo, saya punya rasa nasioanlisme terhadap indo
entah apapun itu, tetapi kadang muncul rasa untuk memajukan sesuatu di sini
tapi masih terbatas karena skill dan bla bla bla
(mungkin itu cuma alasan?)

yang mau saya bahas sebetulnya bukan di sana
saya mikir, ketika perang terjadi antara KATAKANLAH indo dengan malay
lantas sebagai warga indo yang punya rasa N tadi (disingkat ya biar cepet), saya harusnya bela indonesia, setidaknya itu kata orang2
saya pribadi, ragu dengan pernyataan seperti itu
dalam konteks apakah saya harus membela indonesia?
apa ada batasan tertentu selain 'tidak merugikan indonesia' ?

kembali ke post yang dulu, say apernah ngebahas satu rangkaian kata2 yang ada di lagu IMAGINE
"imagine there's no country, no need to live or die for"
terjemahan : bayangkan ketika tidak ada negara, kita tidak hidup atau mati untuk negara kita (dilebih2in deh, hahaha)

saya juga mikir, sampe terjadi perang
apakah pada awalnya negara dibuat supaya ada perang ?
rasanya tidak, tetapi itulah konsekuensi ketika manusia otaknya mentok terus nyelesein masalah pake otot
masalah ini mau gamau muncul karena ada identitas negara dan orang2 yang berkepentingan di sana
sampe bisa ada perebutan wilayah, katakanlah demikian, bukankah itu karena ego masing2 negara/komponennya ya ?

kalo ditelusuri terus
(mungkin saya salah) pada akhirnya negara dibuat karena ada ego di antara golongan manusia
satu punya ideologi A dan yang lainnya B C D E F dst
(bisa panjang ceritanya kalo dibahas, hahaha)

entahlah, mungkin saya orang bodoh yang pecaya bahwa semuanya lebih baik ketika kita bisa saling ngerti
caphe dheee

1 comment:

Anonymous said...

"semuanya lebih baik ketika kita bisa saling ngerti"
setuju banget! gag di perang perangan aja. tapi untuk semua hal. sayangnya orang2 ga bisa sepenuhnya saling ngerti. :(
kenapa ya?