Tuesday, March 10, 2009

lagi-lagi tentang keegoisan manusia

well...mari kita melihat post sebelumnya yang udah membahas soal keserakahan dan keegoisan manusia
pasti seputar tidak menjaga lingkungan dan pengrusakan yang udah ada ya ?

kali ini mari membahas keegoisan manusia lebih dalam
...
oh ya sekedar mengingatkan, blog gua tidak pernah ditulis mempertimbangkan unsur agama, jadi kalo anda merasa post ini offensive, silahkan leave, tanpa bermaksud buruk

sekedar membuang sampah di tempat sampah itu sulit sekali buat manusia
sekedar menanam pohon itu menyebalkan buat manusia, apalagi kalo lagi ujan pohonnya tumbang
dan sekali lagi, yang ga pernah gua bosan ucapkan, manusia tidak sayang sama anak cucunya, believe it or not (generally yah)

mari kita lihat dampak yang muncul akibat segala macem tindakan manusia, okay ?
1. pencemaran air, lama2 air jadi mahal bahkan langka
2. pengrusakan tanah gara2 limbah
3. pemanasan global yang berlebihan, lanjut ke SUPER BANYAK akibat lainnya seperti badai dan kelaparan juga penyakit
4. polusi menyebabkan alergi dan penyakit berbahaya
5. daratan tertutup air laut karena es di kutub mencair
itu baru 5 loh, kemarin saya menemukan lebih dari 100 bahaya lainnya di internet (please do search)
dan bahkan dengan 5 akibat ini, menurut gua, lu uda ga sayang anak cucu lu ketika lu ngerusak lingkungan

yasudahlah, gua uda cuku plelah berkoar2 soal hal di sana
mari kita melangkah sedikit lebih jauh
sampe ke pembentukan lingkungan hidup

gua kemaren mikir2, ini konyol juga
saudara gua da yang nyetir mobil dan hampir nabrak kucing 3 kali dan burung 1 kali dalam 24 jam
(catatan, ada 3 ekor burung tiba2 di tengah jalan tol)
dan dia marah2 dong
dan rencananya sih, kucing selanjutnya akan ditabrak aja
regardless itu kucing yang sama atau tidak
yang pasti dia keki gara2 uda ada 4 binatang yang begitu

well, gua cuma bisa katakan
itu ga salah kucingnya, lagipula itu 3 kucing yang berbeda
kenapa harus yang ke-4 yang ditabrak ?
dan jawabannya akan balik ke "karena gua keki"
okay?
bisa diliat dari respon sederhana manusia ya ?
dan ini ga cuma saudara saya
akan ada jutaan orang lain yang akan berkata sama

hikmah dari kejadian itu justru kena ke gua...
saya jadi berpikir
sebetulnya itu kebetulan, ato salah kucing, ato salah kita ?
dulunya, saya mikir, ini sebuah kebetulan BELAKA
dan ternyata saya salah
jawabannya ada di pilihan ke-3, salah kita manusia
kenapa gitu ? (jangan mau disalahin begitu aja !)

siapa sih yang pada awalnya membangun peradaban
yang pada awalnya membuat mobil dan jalanan sehingga orang bisa kebut2an
yang dari awal mengusir makhluk lain seperti binatang dari habitatnya
dan sekarang ketika kucing2 itu udah dipaksa beradaptasi untuk hidup di kota
dia ditabrak ?
apa itu salah dia ?

ingatlah bahwa pada awalnya, manusialah yang mengkondisikan ini semua
hutan yang udah ada ditebang dijadiin kota
tanah subur dijadiin jalanan
dan binatang dibunuh2in
satu-satunya kesimpulan yang gua dapat adalah
manusia sangat jahat

karena memiliki power lebih dibanding binatang2 tadi
kita bisa mengkondisikan alam (Seakan2)
okay, that's fine
tetapi yang buruk adalah, ketika manusia tidak bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri
udah ngilangin habitat makhluk lain
sekarang si makhluk lain ga bisa dijaga
pada akhirnya yang rugi tetep makhluk yang lebih lemah

jujur saja, ada satu hal yang saya lihat dari dulu ampe sekarang
manusia kota tetaplah manusia hutan
hidup berdasarkan hukum rimba
siapa yang kuat, dia yang menang (bukankah begitu?)

entahlah apa yang dipikirkan sama manusia sehingga bisa membenci binatang karena merasa diganggu
padahal kita duluan yang ngeganggu binatang itu

jujur saja, sampe kalimat ini ditulis, saya tetep sangat kesal dan ingin teriak
bukan berarti saya binatang sih -.-'
tetapi kesal karena kelakuan spesies yang sama dengan saya
dan ketidak mampuan saya untuk berbuat apa2

ini menurut saya ya...
kalau ada satu spesies yang lebih superior dibanding manusia, dan sama jahatnya bahkan lebih
saya rasa manusia juga akan mengalami hal yang sama dengan binatang
jadi kalo ada film alien gitu2 yang menginvasi bumi
jangan kesel doang
PIKIRIN JUGA nasib makhluk lain yang sebetulnya udah kita gituin
sucks abis, sumpah
cuma gara2 tinggal di tempat yang salah (dan sebetulnya tidak salah!), tiba2 gua ditembak mati
gimana kalo manusia yang digituin ?
kadang gua berpikir, ada baikny akali ya kalo orang2 rese begitu diinvasi ama alien

keterlaluan ya ?
motong leher ayam
ngulitin binatang
matahin kaki binatang
ngelindes binatang
well...apa anda ingin diperlakukan seperti itu ?


-kitti-benci teknologi, karena teknologilah yang merusak kehidupan di bumi, makanya sebisa mungkin diminimalisir-

2 comments:

Anonymous said...

hehe.. aku juga pernah berpikir gtuh...

tapi nyatanya kok ttep ada teknologi ya? bukannya untuk itu manusia di bikinin yang namanya OTAK?bikin inovasi2 gtu..
sekarang sih belum sempurna kan..
tapi klo ttep dilakukan sih ada 2 kemungkinan:
1. manusianya aja ttep ga peduli
2. sebenernya lebih banyak untungnya (entah untuk lingkungan ato untuk manusianya sendiri yg egois?)?

soalnya kn ya,, walaupun awalnya egois, ngusir2 binatang,, tapi kn lama2 berakibat buruk juga ke kita gtu ya -.-"
pokoknya semuanya sebenernya egois loh ya..
ga ada yg ga egois mungkin?
tujuan hidup biar lo tenang? biar lo aman? biar anak MU(ttep aja anakmu,, bukan anak kucing kn?) sehat? biar duniaMU aman?

semuanya egois kn?
mnurut lo gmana ya??

dreamerkitty said...

basically sih apapun yang dilakukan pasti untuk bertahan hidup dan hidup lebih nyaman

tapi dalam prosesnya, yang membuat si egois ini muncul adalah karena manusia ngerusak yang lain buat prioritasnya pribadi itu loh

kalo kita ngmgin soal egois sampe mana sih, bernafas pun menurut gua egois, karena kita ngabisin jatah orang lain kan nyatanya
tapi lu mau mati ?

intinya sih, egois di sini bukan berarti mutlak memikirkan diri sendiri
tetapi lebih mengearah ke keegoisan yang relatif

kalo uda tau kita butuh rumah, kita harus bangun rumah
yauda lah, jangan pake bunuh2in binatangnya
misalnya begitu cang (relatif)
kalo uda tau kita butuh jalanan
ya kalo ada kucing jangan ditabrak di tengah jalan

tetep aja pasti akan ada unsur keegoisannya
HAMPIR TIAP HAL yang kita lakukan pada dasarnya berawal dari keegoisan

teknologi kan dibuat supaya hidup lebih mudah
bukan dibuat untuk merusak lingkungan dan membunuh mahluk yan glbeih lemah mir
tapi itu efek samping dari teknologi yang ga terkendali (ada keuntungan buat kita, ga ada keuntungan buat alam, adany akerugian)

begini ya contohnya
teknologi seperti air filter sebetulnya berkontribusi terhadap global warming loh cang
tapi kenapa masih diproduksi ?
karena di balik efek dari industri yang bikin panas itu
filter ini juga sebaliknya, mencegah proses glob warming
ini far better ketimbang kalo lu ga pake filter sama sekali
ngerti tak ?

kemarin gua belajar ekologi
intiyna sih, apapun yang kita perbuat HARUS DIPIKIRKAN AKIBATNYA
jangan hanya berpikir manfaatnya, tapi juga efek sampingnya

itu cang intinya sih

kalo gua berpikir bahwa teknologi harus musnah, mungkin gua bakal dibunuh sekarang juga kali ya
karena pada akhirnya ideologi itu juga salah
seharusnya teknologi itu MEMBANTU bukannya MERUSAK
lingkungan bisa rusak bukan gara2 teknologi, tapi gara2 MANUSIA ga peduli kan ?
silahkan mengambil keuntungan sebanyak2nya buat diri lu
selama itu secara total tidak merugikan yang lain, that's good kok