Tuesday, March 3, 2009

how humans wreck the earth...

kembali ke realita hidup
salah deh, tujuan hidup maksudnya
(jauh banget ya)

beberapa prinsip yang menjadi terapan atas tujuan nomer satu (i live to make people happy) misalnya...
-berteman dengan orang yang membutuhkan
-hidup harus senang supaya orang lain senang
dua hal di atas menjadi dasar relasi gua dengan orang lain

mengenai harus senang, blum ada masalah lagi belakangan ini
tapi yang satu lagi... juga ga ada (LOH, sampah banget d)
hahahah
engga2

mengenai berteman ini
...
(sok puitis, pake titik2)
(Ada juga bikin males baca, dodol)

begitu banyak tipe orang yang bis ditemui dalam satu kelas yang sama
dalam dimensi ruang yang berbeda tentunya, tetapi dalam dimensi waktu yang sama
ini saya pelajari di SMA, betul2 dipelajari (amit2 deh, kaya pelajaran)

salah dua dari tipe yang ekstrim adalah
- ones who seek for friends anywhere
- ones who won't get any friends unless someone comes

dan gua, tidak akan banyak membahas tipe ekstrim1
jadi, mau gamau bahas yang dua deeeh

tipe satu, tipe yang mencari teman, bukan mencari seperti nyari harta karun yah
tetapi wherever they go, akan selalu ada orang deket dia
intinya sih begitu doang

di lain sisi, tipe dua, kemana2 juga sendiri
kalo ga disamperin, dia bakal sendiri terus

JUJUR GUA KATAKAN BUAT SEMUA ORANG
berteman dengan tipe 1 seringkali lebih menyenangkan
ya iya lah, orangnya pasti supel sampe bisa punya banyak temen
dan kemampuan sosialnya juga pasti lebih baik

tapi gua juga JUJUR SOAL YANG INI
gua lebih prefer nyamperin tipe dua
jawabannya seperti yang anda semua harapkan !!!
kalo ga kita, siapa yang nyamperin dia ?
buktinya, dia sendirian kan ?

intinya sih, saya percaya bahwa
lebih baik berteman dengan orang seperti itu
karena orang seperti mereka lebih butuh kita dibanding orang tipe 1
bukan milih2 ya
tapi orang tipe 1, tanpa kita pun akan tetep senang
apa salahnya kita bikin orang lain seneng (tipe 2) dengan samperin dia ?
walau dengan konsekuensi, mungkin ga serame tipe 1

ini merefleksikan kembali ke manusia
apa yang kita lakukan sebagai manusia
yang selama ini baliknya cuma ke diri kita sendiri melulu
pengen jadi pengusaha biar duit banyak
pengen jadi dokter biar duit banyak
pengen jadi artis biar terkenal
JARANG ada orang yang pengen jadi dokter karena 'ingin meningkatkan kualitas dokter'
jadi guru karena 'ingin memajukan pendidikan'
jadi peneliti karena 'ingin membantu orang2 kesusahan'
dan yang paling jarang, jadi boss karena 'pengen ngegaji besar' (hal bodoh yang tak perlu dibaca)
(inget ya, semua jarang, tapi tetep ada)

selama ini orang buang sampah sembarangan kenapa ?!?
jawabannya sebetulnya bukan karena "toh orang buang sampah juga, kenapa kita tidak"
sejujurnya, ngaku deh, karena jawabannya "males ah nunggu sampe ada tempat sampah. lagian jijik"

terus orang selalu pake mobil kenapa ?
jawabannya sebetulnya bukan karena "buat apa dibeli ga dipake" atau bahkan "duh, ga make satu mobil ga bikin bumi jadi dingin tau"
lebih tepatnya, JUJURLAH, "males naek bis, angkot, panas ! duit ada, buat apa nyari susah ?!? blom kalo kecopet"

dan satu contoh lagi
kenapa orang males nanem pohon ?
jawaban tipikal, "buat apa? pohon tuh mahal, dan pohon segitu mah ga bakal ada efek apa2" atau "ga ada waktu" atau "ribet ah miara pohon, tar kotor"
jawabn di atas memang jujur, sayang, tetep aja egois

lihat semua jawaban yang diberikan manusia
SELALU GA ADA BIAYA buat nanem pohon, ga ada WAKTU buat ngurus tanaman
padahal buat nyetir mobil jauh2 jalan2 sempet ya ?
semua jawaban di atas menjelaskan kenapa bumi makin lama makin rusak

bisa melihat kaitannya ?
manusia memiliki kecenderungan untuk egois
selalu nyari yang enak
nyari temen yang rame dan seru
dan melupakan orang yang membutuhkan kita

dan manusia selalu memilih jalan yang ENAK BUAT DIA
ga enak buat orang lain
ga enak buat anak cucunya
ga pernah berpikir, bahwa dalam beberapa puluh taun negara kita bakal tenggelam dan anak cucu kita ga akan punya tempat untuk tinggal
ga sempet untuk mikir, bahwa dalam beberapa puluh tahun bumi akan menjadi sangat panas
memberikan alesan lagi buat kita untuk nyalain lebih banyak AC dan membuat bumi makin cepet mendidih
ya iya lah ga sempet mikir, wong nanem taneman aja ga sempet
boro2 nanem taneman, ini mah ada pohon ditebangin sih

mari kita semua merefleksikan diri kita, PLEASE
SETIDAKNYA, kalo kita ga bisa membuat orang jadi sayang bumi, at least we do

mari kita refleksikan diri kita
seberapa egoiskah diri kita ?
apa yang sudah kita lakukan untuk orang lain ?
untuk apa kita hidup ?

(blog kali ini memuat dua macem hal yang dikaitkan dengan human personality ya
hahaha, jadi jangan bingung !)

-kitti-kesaaal-

3 comments:

Anonymous said...

bahan renungan yang bagus arya. loe juga uda sempet nyinggung poin soal pertemanan sama gw.. dan itu ngebuka sebuah wawasan baru buat gw. thanks.

dane

Anonymous said...

hehe..
gw.. mungkin.. MUNGKIN yaa.. tipe 1..
dan sebagai seorang manusia yang mungkin EGOIS,,

kadang2 aku ga mau loh maen ma si tipe 2.. bukan gmana.. balik lagi dengan mnurutku 'SEMUA ORANG EGOIS' aku kadang2 ga TENANG gtu deh dengan si tipe 2.. entah suka bikin SWT? terlalu diem? Garing? kdang2 ya,, emang sih harus di tolerir.. tapi kn ada batesnyee..
lagian mreka menjadi tipe 2 MAYORITAS karna ada kekurangan mereka kn? something negative?

ya masalah ketenangan dan kesenangan ku c..
tapi kalo aku ga enjoy dengan situasi nya gmana? (ttep egois)

dreamerkitty said...

intinya sih semuanya akan balik ke keegoisan diri kita semua kan ya ?

soal masalah kemaren ama temen sklas lu itu mir
JUJUR YA, apa lu pikir gua ga pernah bete ama dia ?
butuh 1 tahun untuk membuat gua sadar bahwa dia "tidak bersalah akan kekurangannya"
dan gua SANGAT merasa bersalah karena bersikap buruk sama dia dahulu kala

gini ya mir
gimana kalo lu dilahirkan cacat
apa lu mau dijauhi ?
gua sih tidak
apakah salah lu bahwa lu sekarang cacat ?
mengenai toleransi, bukankah itu lantaran keegoisan kita ?
coba lu pikir lagi deh
enak ga sih jadi tipe 2 ?

mungkin gua pribadi tipe 1-2
yang berpikiran bahwa teman itu penting dan sebetulnya bisa cari teman
tapi kalo tipe 1 sibuk dengan temannya, gua ga akan pernah nyari dia
lebih baik gua samperin tipe 2
karena JUJUR, jadi tipe 2 itu tidak enak sama sekali, karena gua berada di posisi itu dulu

kalo si tipe 2 ini emang anti sosial sih lain urusan ya
kalo dideketin malah ga seneng, mending kita kabur, hahaha
intinya mah, kalo dia sebetulnya butuh kita, kita samperin
kalo dia ga nyaman ama kita, ya jangan

back to topic
semua akan tergantung dari lu
bukan dari temen lu itu, entah tipe berapakah dia
batas toleransi yang lu sebutkan juga bergantung sama keegoisan dan rasa kasih lu

pada akhirnya gua pun belajar untuk bisa menikmayi waktu dengan siapapun
karena menyadari fakta di atas

-just call me whenever you need to-