Friday, April 2, 2010

when you think it's good..

ada banyak hal yang dilakukan manusia dan dianggapnya sebagai idealisme, atau sesuatu yang 'harusnya' bisa dilakukan dan baik
dan sayangnya salah
saya berhadapan dengan orang2 unik seperti ini di kampus
yaaa, sekedar sharing, ini buat kita smua
semoga bermanfaat, itulah tujuan saya menulis ini



X, nama temen saya
bekerja penuh untuk ngerjain tugas
begadang, belajar ampe subuh, malahan gamau tidur karena besoknya ujian
begitu saya denger, saya ga salut sama sekali, entah mengapa
menurut saya, itu agak ceroboh

begini...
otak manusia itu punya kapabilitas berpikir maksimum
ketika anda belajar, anda menggunakan batas atas otak anda, makanya belajar itu sebetulnya melelahkan !
saya kalo abis belajar sih suka laper
kalo seharian gituuu, laper banget deh, aneh ya
hahaha

selanjutnya
ketika otak anda dipakai terus menerus, maka kinerjanya makin lama makin turun
pada suatu titik, otak anda bisa jenuh dan dampak psikologisnya buruk sekali
oke, kita ga membicarakan sampai titik itu
saya hanya ingin memberi tahu bahwa otak anda itu bisa lelah !
coba deh sekali-kali anda lari pagi tapi 3 jam nonstop
kalo anda ga cape sama sekali, berarti anda atlit
tapi atlit pun suatu saat bisa kelelahan ! bahkan kalo parah bisa pingsan
BEGITU PULA DENGAN OTAK ANDA

hal ketiga...
otak itu butuh istirahat !
ini sederhana dan slalu terjadi
kalau anda habis berolahraga dan sangat lelah seharian beraktifitas, apa yang anda lakukan ?
ya! anda tidur ! anda beristirahat untuk memulihkan kembali tubuh anda
sadar ga, pada saat itu juga OTAK ANDA MENGUMPULKAN ENERGI DAN MENGENDORKAN DIRINYA
sehingga kalau anda tidur dengan cukup, besoknya tubuh anda bisa normal kembali
begitu pula dengan otak anda !



temen saya ini tidak begitu ramah nampaknya terhadap otaknya
dan tingkat stressnya meningkat makin banyak dia belajar
dan orang-orang seperti dia selalu berpikir "sayang waktunya ga dipake"
ada betulnya ! saya juga etuju, kalo kita bandingin sama orang nganggur main game terus

coba sekali-kali anda main basket sampe lelah (misalnya A jam)
lalu anda duduk di pinggir lapangan, minum sebentar
relaks 10 menit
dan anda bisa main lagi dengan baik (B jam)
dan jangan lupa, sekali-kali cobalah untuk bermain terus dengan durasi yang digabungkan (A+B jam) tetapi jangan istirahat !
mari kita lihat apa yang terjadi dengan tubuh anda

ketika anda mengistirahatkan tubuh anda, ia akan meregenerasikan energi dan efektifitasnya
ketika otak anda dibiarkan relaks sejenak, begitu pula ia akan bertindak !
20 menit yang anda buang untuk bersantai akan segera digantikan oleh tingkat efisiensi kerja yang JAUH lebih tinggi setelah anda beristirahat

ada perumpamaan bagus
sederhana, tapi boleh dicoba
pegang gelas berisi coca cola, gausa besar2
peganglah 1 jam
lelah bukan ?
padahal ringan ?
ya, beban itu bukan cuma masalah besarnya, tetapi lamanya anda memegang beban tersebut juga bermain peran besar !
kenapa mesti coca cola ?
yaaaa, kalo uda 1 jam, cape kan ?
diminum aja itu, biar senang
hahaha



ini hal yang saya alami waktu SMA dan ga mau saya ulangi lagi, bukan karena ga enak, tapi karena dampaknya malah buruk
dulu saya belajar setelah pulang sekolah mandi dan sebagainya, kira2 pukul 8 malam
saya belajar sampe pukul 12 yang kadang2 saya berenti sejenak
dan lanjut2 bsampe pagi
hasilnya, besok di sekolah saya blank dengan apa yang saya baca
ini lucu, karena otak saya uda 'gamau' dipaksa bekerja
dia sadar, kalo dia memaksakan dirinya bekerja, dia bisa rusak

mulai saat itu (Saya sadar), saya belajar mencicil semua pelajaran
jadi, ga ada kata begadang buat belajar, NO WAY
hasilnya punya, semua nilai saya meningkat tuh
dan lagi, saya besoknya ga ngantuk di kelas, jadi bisa belajar dengan sangat baik


mungkin kamu yang suka begadang akan berkata
"lu si enak nyicil. gua kan kaga"
yaaah, itu sih salah anda, hahaha
itu strategi belajar namanya
kalo anda berbisnis dan salah strategi, apa yang anda dapat ?
kerugian !
kalo anda salah strategi belajar, apa yang anda dapat ?
ya nilai jelek (lebih jelek dari yang seharusnya bisa anda dapat)
dan lagi, kalo anda kebiasaan latihan soal sebelum ujian, percayalah, lebih baik anda jangan begadang buat itu
mendingan anda tidur dan bersiap untuk mengandalkan logika anda di waktu anda ujian
toh, nanti kalo kerja, anda pake logika anda, bukan contoh soal yang bisa dicontoh kan
belajarlah untuk berubah kalau adna pikir itu baik
susah ! iya lah
saya uda sering membahas soal berubah, silakan cari sendiri




begini...
kalau anda ingin diri anda itu disiplin, jangan manjakan !
nanti anda bisa jadi lembek dan bodoh
contohnya ya orang yang tiap hari hanya bermalas2an

tetapi kalau anda pingin diri anda itu maksimal, bertemanlah dengan diri anda sendiri
badan dan otak anda itu BUKAN BUDAK ANDA, dia teman anda !
ketika anda butuh dia, anda panggil dia
ketika dia butuh istirahat, anda berikan
ketika anda ingin berlatih, berlatihlah bersama dia
dan ga ada teman yang senang dipaksa2 sampe mampus

beberapa perusahaan katanya punya ruang istirahat
di sana mereka boleh ngapain aja, yaaa 20-30 menit
ga boleh ada hape, email, fax, or anything else
mereka bersenang2 di dalam !
dan keluar dengan otak yang lebih segar dan efisiensi yang lebih tinggi
perusahaan2 ini sadar bahwa untuk kinerja yang baik, otak butuh istirahat
tapi inget ya, ini relatif terhadap keadaan
kalo pegawainya males semua, ini mungkin bukan sarana yang baik

okay ?
istirahat itu ga lebih tidak penting dari semua yang anda lakukan


-kitti-rest !-

No comments: