Sunday, April 4, 2010

"ga bisa, gua orangnya ga kaya gitu"

permasalahan klasik, uda pernah saya tulis juga
ini mengenai perubahan
sering saya tulis di mana-mana, berubah itu ga pernah mudah, setidaknya hampir...

hal pertama yang biasanya dikatakan temen gua ketika gua bilang, kenapa ga sabar ?
"gua ga bisa kaya gitu, ga bisa"
alesan klasiknya adalah, 'saya dilahirkan pemarah'
yah, sayang sekali...

ada cerita soal orang yang diramal
selesai membaca garis tangan dan muka dan bla3, si peramal pun bilang ke clientnya
"masa depan anda...tidak pasti"
ya, begitulah masa depan anda
anda ga pernah tau seperti apa
anda ga didesain dari awal untuk begini atau begitu
usaha anda turut menentukan apa yang akan terjadi pada anda


saya baru hidup 20 tahun, bahkan belum genap 20 tahun
saya masih bau kencur kan ?
iya,betul
bahkan saya yang bau kencur pun uda SERING MELIHAT bahwa manusia bisa berubah
dengan usaha dan tekad, semua bisa berubah !

temen saya belajar untuk menjadi orang yang lebih sabar
dan akhirnya dia berubah

saya belajar untuk mencintai diri saya sendiri yang tadinya saya benci
dan akhirnya saya berubah

temen saya yang lain belajar mengubah kemalasannya
dan akhirnya dia berubah menjadi pengrajin (loh, tukang patung?)


anda perhatikan, saya selalu menuliskan kata 'akhirnya'
kenapa ?
itu karena saya ga bisa menuliskan jangka waktunya


temen gua belajar untuk sabar
dan dia mengeluh, "kapan gua bisa sabar?"
jawaban gua agak klise, "sabar..."
hahahahah
bahkan untuk belajar sabar pun anda harus bersabar ?!?
ya, semua butuh waktu
'ga ada yang instan', seperti kata pak Ismu
'yang terpenting adalah progres', saya diwanti2 dari es em pe
'just do my best' itu yang saya pegang sampe skarang
kalau anda sudah berhasil membuat progress, maka akan ada progress selanjutnya
ga perlu kuatir, apa yang lu usahakan ga akan pernah sepenuhnya sia-sia

lakukan semuanya dari yang paling mudah menurut kamu
lakukan terus, jangan bosen !
kalo lagi marah sama orang, inget-inget untuk sabar
kalo hari ini keselnya 2 hari, besok-besok 40 jam
besoknya lagi 30 jam
besok-besok, suatu saat kita bisa cuma kesel 10 menit, percayalah ! saya ngalamin sendiri soalnya

gua sendiri masih kesel kalo ada hal yang agak sensitif..
tapi gua cukup yakin, dengan usaha gua bisa mengubahnya
dari kesel 10 menit, sampe jadi ga usah kesel




kita semua berubah, itulah hidup
tidak ada yang konstan untuk selamalamanya
entah berapa laju perubahannya, semua berubah...
kalo kita mau jadi lebih baik, kita harus berubah
ini seperti membayar duit buat sekolah
pengorbanannya besar ! di jaman gua sih sekolah mahal ya
hasilnya baru akan terlihat bertahun-tahun
waktu masih sma kelas 1, saya bertanya2, buat apa ilmu saya ?
waktu kelas 2, saya bertanya2, buat apa ngelanjutin belajar segini susah ?!?
waktu uda lulus, saya baru tau "ilmu itu terserah kamu pakai buat apa"
sekolah gak akan menyuruh kamu untuk memakai ilmu kamu secara rinci
ilmu itu betul-betul seperti bekal
kalo kamu mau, kamu pake
kalo kamu ga pake terus, suatu saat dia bisa basi, seperti makanan

pesannya...
untuk sesuatu, seringkali butuh pengorbanan
tapi, kalau kamu bisa memastikan kamu berubah untuk sesuatu yang baik, lakukuanlah
jangan ragu, karena usaha ga pernah sia2




-kitti-change..-

No comments: