Tuesday, September 22, 2009

ilmu ada di mana-mana !

halo, saya Ilmuwan !
dia juga Ilmuwan, tapi dia Ilmuwati, dan yang satu lagi Ilmunandar !
(eh apa si, jayus...)

hahahah, mari melanjut ke topk yang sebetulnya
gua bahkan lupa uda perna nulis ato ga soal ini
karena hal ini uda gua pegang dari jauh2 hari, setidaknya uda 1,5 taun or more, SECARA SADAR
jadi mungkin gua uda perna post, semoga anda ga bosan
kalo bosan, jangan dibaca ya, hehehe



ilmu...
untuk meluruskan, yang saya maksud dengan ilmu di sini bukan jenis keilmuan seperti sains ato sosial
tetapi mengacu kepada BENTUK APAPUN YANG BISA DIPELAJARI
dalam konteks sehari2, bisa dalam bentuk etika, moral, motivasi, dan masih banyak lagi

ketika dikatakan 'life is learning', saya sebetulnya waktu umur 10 tahunan bingung banget...
sampe 15 tahun masi agak rancu...
saya pikir, ketika belajar di luar kelas, saya cuma belajar soal misalnya tentang hujan, badai, kupu2, kepompong
pokoknya hal2 yang merupakan bentuk nyata dari ilmu yang saya pelajarid i skolah
misalnya di skolah belaajr tentang tumbuhan, di rumah saya nyirem pohon

sampe ke umur 17, pemahaman saya mulai bergeser
nyatanya ilmu itu ga soal ilmu sosial dan sains saja
ada pengetahuan tentang moral, etika, keagamaan, motivasi, dan hal2 abstrak lainnya !
tentu saja ga lupa, tentang perasaan...


ketika saat ini saya menulis ini (SAYA?!?)
gua setuju 10000% dengan statement di atas
hidup ini penuh dengan belajar
TAPI
hanya ketika kita sebagai manusia memiliki kepekaan yang cukup baik untuk bisa mengambil pelajaran dari setiap hal yang ada di sekeliling kita

kenapa saya tulis post ini..
karena saya pribadi melihat begitu banyak temen yang hidupnya asal jalan
ya memang sih pada titik2 tertentu, pelajaran itu akan didapat juga
misalnya ketika temen gua sakit ati ama gue, gua jadi belajar untuk ati2 bicara
tetapi pada kenyataannya, pada suatu tingkat kepekaan tertentu, kita tak butuh titik-titik tertentu untuk belajar
titik-titik itu akan berkumpul untuk membentuk garis yang ikut berjalan seiring dengan perjalanan hidup seseorang
pada kondisi inilah statement LIFE IS FULL OF LEARNING betul2 bisa dikatakan valid !


rasanya ga asik kalo ga pake contoh, walaupun simpel
ketika saya nulis ini, saya belajar untuk :
1. ngetik cepat (apa sih)
2. berkonsentrasi terhadap tulisan saya dan bertanggung jawab terhadap hasilnya
3. belajar untuk mengimplementasikan pikiarn dalam bentuk tulisan
4. belajar untuk memahami bahwa pikiran manusia itu beda2 makanya penyampaian bentuk pikiran seperti ini bisa berguna juga
dan masih banyak lagi

contoh kedua, ketika saya latian paduan suara nyanyi...
1. nyanyi, YAIYALAH
2. belajar sabar kalo ada yang ketinggalan nyanyinya (blom bisa)
3. belajar mengejar ketertinggalan diri sendiri dari orang lain
4. belajar untuk profesional, kalo lagi kesel, LUPAKAN KEKESALAN, BERNYANYILAH !
5. belajar untuk mengulang setiap hal yang uda tau tiap hari sehingga JADI KEBIASAAN DAN REFLEK
6. dst...


mengenai APA ADA YANG BISA DIPELAJARI DARI SESUATU, sebetulnya bukan tergantung pada hal yang bersangkutan, tetapi BERGANTUNG PADA SI PELAKU TINDAKAN
ga ada hal yang sia2 di dunia ini
yang ada, yang satu lebih bermanfaat dari yang lain (ini subjektif)
misalnya gua uda keseringan nyanyi dan ada latian biola
walaupun memang ketika gua ikut latian nyanyi gua dapet ilmu lagi, tetapi ketika latian biola, gua dapet ilmu LEBIH
dalam hal ini, latian biola lebih bermanfaat daripada latian biola
jangan mikir yang ribet2 dulu
ini contoh simpel, dengan variabel kondisi yang ga bervariasi
katakanlah gua memang harus belajar biola dan nyanyi dua2nya
dan variabel alin pun tetap

jadi, sebagai manusia, pertimbangan untuk ikut sesuatu kegiatan mungkin akan mikirin 'bermanfaat ga ya'
sebetulnya manfaat itu ada !
tapi tergantung andanya, siap mengambil manfaatnya atau engga (dan kalo ga siap, bukan berarti anda salah kok)
dan apakah manfaat itu bisa dipakai 100% seperti kasus biola, atau hanya 30% seperti latian nyanyi ?

plus, yang jadi pertimbangan, kenapa misalnya gue ga ikut organisasi tertentu
karena ada nilai pengorbanan tertentu yang harus dibuang
ketika gua merasa nilai pengorbanan ini terlalu besar untuk manfaat sekian, gua mungkin ga ambil



adios !


-kitti-learning every microsecond(harusnya pake s ga?)-

No comments: