Friday, September 18, 2009

mengenai KESABARAN dan AMARAH

bla bla bla deh, pokoknya kesabaran di sini maksudnya kemampuan untuk meiadakan amarah dari dalam hati (ciee, hati !)
tapi tidak seperti jatuh cinta, perasaan jenis ini relatif sangat destruktif
walaupun cinta juga bisa begitu
(APA SI)
yang mau dibahas bukan cinta sih, jadi kalo ada kata CINTA, mohon dihapus saja dari benak anda
hehehe

suatu hari ada seorang senior bertanya pada saya
"sebarapa sabar sih untuk bisa masuk surga?"
dalam hati saya, saya bertanya2 "surga itu apa?"
tapi bukan saatnya membahas hal semacam ini lah ya
anggap saja maksudnya supaya bisa jadi orang baik yang diterima di sisi Tuhannya

saya pun berkata dengan polos
"kesabaran yang bijaksana"
"bijaksana bagaimana?"

inilah yang akan menjadi topik pembicaraan di post ini, cieeee, uuu !

gosip dulu nih... (kok pake gosip sih ?!?)
sebetulnya ketika menjawab, gua ga betul2 mengerti sih
cuman pada intinya, gua ingin menyampaikan bahwa segala sesuatu, kalau anda cukup pintar, ga pernah butuh hilang kesabaran
kondisi di mana anda dikuasai emosi adalah di mana anda marah
kalo kata mire, emosinya >50%, jadinya otaknya kalah
dalam tingkatan yang parah, jadi NGAMUKZZZ
dan ini bisa disebabkan ole hNYAMUKZZZ (penting...)

BEG TO TOPIG PLIZ



yap, kesabaran adalah kemampuan untuk terus bersabar
yang praktis akan berlawanan dengan amarah
ketika anda sabar, anda tidak marah
ketika anda marah, anda sudah habis kesabaran
begitulah gampangnya

kesabaran, seperti halnya nilai dan moral lain dalam hidup, tidak independen
anda tidak hidup dengan kesabaran semata dan kesabaran SANGAT berhubungan dengan hal-hal lainnya
entah mengapa, gua ngeliat satu hal lucu yang sering menyertai beberapa nilai moral yang baik, yaitu kebodohan
sepert layaknya cinta misalnya, dia SERINGKALI diikuti sama kebodohan
lucunya, kesabaran seringkali disalahartikan sebagai BEGO

anda ga salah kalo bialng ORANG SABAR ITU BEGO
tapi anda juga ga pintar
karena kesaraban dan kebodohan adalah dua hal yang BERBEDA
masing2 dari mereka independen, tetapi berhubungan (loh)

contoh mudah ya
ada yang bilang lagi ke gua
"tapi ya, lu tuh mesti marah tau ga, kalo ga, anak buah lu tuh kurang ajar"
nyatanya saya sendrii telah membuktikan dalam beberapa situasi bahwa hal ini ga sepenuhnya valid
ketika anda marah, ego anda muncul dan and memberikan kesan mengerikan pada orang2 di sekitar anda
(urusan dianya takut apa engga, ya belakangan deh)
kalo dalam kasus anak buah, yang anda butuhkan untuk bisa mengubah mereka adalah KETEGASAN, bukan KEMARAHAN
ingat, marah berarti dikuasai emosi
ketika saya tegas sama anak2, bukan berarti saya dikuasai emosi, walaupun MEMANG beberapa orang berpikir bahwa saya marah
"LOH APA BEDANYA DONG? TOLOL DEH LO"
beda !

mari kita masuk ke babak selanjutnya
"apa akibatnya kalo anda marah"
1. perasaan ga enak
2. keterbatasan penggunaan otak
3. irasionalitas
4. subjektivitas
singkat cerita, adna akan menemukan DIMANA-MANA bahwa ketika anda marah, anda TIDAK berpikir sebaik ketika anda tenang
saya mengealuasi banyak kejadian di hidup ini beberapa tahun terakir dan saya menemukan hal serupa
jadi ya, saya menganggap itu sebuah kebenaran
ketika gua marah misalnya, gua memang tetap membuat keputusan
tapi entah kenapa, ENTAH MENGAPA, itu ga pernah sebaik ketika gua tenang
mungkin karena ketika emosi, selalu ada aja hal2 yang gua lewatkan dari pertimbangan
toh, otak ga bekerja denga baik kan ?

balik ke ketika saya tegas (bukan marah)
mungkin orang2 berpikir saya agak marah pada saat itu
tapi pada kenyataannya, saya TELAH berpikir dengan rasional dan lebih objektif daripada ketika saya marah
pada intinya, hal ini akan MEMBEDAKAN APA YANG SAYA KATAKAN
kalo saya marah, saya akan berkata berbeda !
itu bedanya bung


yang sangat disayangkan.......sangat amat
kadang2 orang pikir, jadi orang sabar itu sama aja kaya bego
diinjak2 harga dirinya dan jadi lembek
padahal, dalam kenyataannya, hal itu dikarenakan oleh kesabaran tanpa kebijaksanaan, ini yang saya sebut2 dari awal

gua sabar nih misalnya
sabar BANGET
orang2 ngatain gua, gua diem
orang2 ngerjain gua, gua diem
NIPU gua, gua diem besok ditipu lagi
sahabat gua menikam gua, gua diem (bohong, pasti sakit deh, jadi pasti teriak)
ini satu contoh hal yang agak2...dumb kalo kata gua sih
denagn melakukan ini, kesabaran yang adna lakukan seringkali tidak membuahkan hasil yang begitu menyenangkan
lu bakal terus2an diinjak2, BETUL !

mari kita liat contoh yang lain
ketika orang2 ngatain gua, gua LEMPAR MEREKA PAKE BOTOL
orang2 ngerjain gua, GUA MAKI2
NIPU gua, gua TUSUK
sahabat gua nikam gua, gua GANTUNG DIA
ini ekstrim yang agak dong2 juga , hahaha
lihat akibatnya : anda ga punya teman, karena mereka takut sama anda
anda mungkin masuk penjara

dan contoh ketiga
ngatain gua, gua ikut tertawa --> nyatanya, ketika anda ditertawakan, hal TERBAIK untuk menghadapinya adalah dengan IKUT TERTAWA
orang2 ngerjain gua, gua ketawa. mungkin lain kali gua hanya perlu hati2 lebih jauh
nipu gua, gua hati2, gua bilang saa dia gua ga suka ditipu, kalo perlu janagn berubungan yang penting2
ditikam, tinggalkan, atau katakan dengan tegas bahwa gua ga suka
ini jalan yang relatif 'lebih ke tengah'
ga smua usaha PASTI BERHASIL, bohong banget
tapi dibanding 2 ekstrim di atasnya, ini satu2nya cara ynag membuahkan hasil yang solutif

contoh lagi, kalo gua dimainin sama pacar
bisa saja gua diem,, ikutin terus, atau mungkin bunuh aja, gampar2 dan setelah itu emosi saya ga enak, ditambah bikin dosa tentunya
kalo gua cukup bisa menahan emosi pada saat itu dan BERPIKIR
mungkin gua bisa menghindar dari kejahatannya dengan pergi dari dia
ga perlu nyakitin siapapun
ga perlu disakitin
jelaskan dengan TEGAS bahwa gua ga suka sama sekali, dan ga bisa balik sama dia
kalo diganggu, cuekin, ga sulit...
gua ga rugi, dia ga sakit



saya uda tulis ya
kalau anda cukup pintar, anda bisa melakukan apapun tanpa amarah
mengenai kesan yang ditimbulkan, terserah orang yang menilai
tetapi jangan sampai jatuh dalam emosi, karena otak anda bekerja minim pada saat itu
itu esensi dari yang gua katakan

dan saya juga uda menuliskan beberapa akibat kalo anda marah
bukan akibat yang baik tentunya
kecuali anda di atas ring tinju, anda butuh marah(KATANYA) supaya makin kuat
apa salah ya ? hahaha

berlatih kesabaran bukan hal yang mudah, sma seperti moral2 lainnya yang ga ditanam dari kecil
selalu ada aja hal2 yang bikin kesal
tapi, teruslah berusaha !
hal2 besar seringkali dimulai dari hal2 kecil
belaajrlah sabar untuk hal2 yang mudah

rasanya mustahil kalo orang yang begitu pemarah untuk BISA MENDADAK SABAR ketika dia dipermainkan pacarnya
itu boong...
tapi mungkin aja dia bisa mulai dari hal2 kecil
seperti, ada yang ga segnaja makan coklatnya dan dia AGAK kesal, diredam tuh amarah
jangan dibiarkan meluap2 tambah heboh

beberapa tips untuk belajar meredam emosi :
1. SADARILAH ketika anda marah ! ini hal yang sangat penting. ketika anda sadar, anda baru bisa mulai mengubah segala sesuatunya
2. perhatikan NAPAS anda. ketika anda marah, napas anda tidak akan rileks seperti biasanya
3. Jangan berusaha mencari alasan untuk marah. carilah solusi dari permasalahan anda. anda ga butuh marah, anda butuh pergi darinya !
4. Tak perlu kecewa ketika anda kelepasan emosi. ulailah dari hal kecil, dan anda akan terbiasa untuk melakukan yang lebih besar di lain kesempatan

-kitti-belajar sabar-

No comments: