Monday, September 21, 2009

FACT !

A fact is a pragmatic truth, a statement that can, at least in theory, be checked and confirmed. Facts are often contrasted with opinions and beliefs, statements which are held to be true, but are not amenable to pragmatic confirmation

fakta adalah sebuah pandangan kebenaran yang bisa dicek dan dikonfirmasi (dibuktikan) setidaknya dalam bentuk teori. Fakta seringkali dikontraskan dengan opini dan kepercayaan, kondisi yang DIPERCAYA benar tapi tak dapat dipertanggungjawabkan.



bentuk definisi fakta seperti ini digunakan di banyak banget tempat
kalo di idup saya sih, yang kerennya namanya METODE ILMIAH
kalo jeleknya, ya semua yang saya jalni dalam hidup ini fakta
saya jatuh ke lubang, ada gravitasi, dan saya punya orangtua.


saya suka penasaran bahwa begitu banyak ilmuwan yang memiliki masalah dengan dogmatisme
dogmatisme itu seperti kepercayaan kepada sesuatu sedemikian kuat sehingga menolak semua kemungkinan pendapat lain itu benar
yang konyol, dalam sains pun ada orang2 seperti ini
dan ini membahayakan buat masa depan sains

ambil contoh, ternyata banyak bahan bahasan ilmuwan yang tidak pernah diteliti lebih lanjut lagi
arsip2 disimpan begitu aja tanpa diteliti, dan dianggap anomali
seharusnya tidak begitulah ilmu pengetahuan
ilmu pengetahuan kan fakta !
setiap anomali HARUS ada penjelasannya
jika pada satu eksperimen tak bisa dijelaskan, bukan berarti dia tak eksis
nyatanya, faktanya, buktinya tersedia bahwa kejadian itu betul2 terjadi
tapi karena dianggap tidak sesuai dengan konsep yang uda diterima dari dulu, dia dianggap aneh dan ditinggalkan
wow........


anda bertanya kenapa saya percaya saya jatuh ke lubang ?
ya karena saya ngalamin
kalo anda menyentuh air mendidih dan kemudian merasa panas, percayakah anda bahwa air mendidih itu panas ? kalo saya sih iya
setidaknya, saya uda pernah kesirem beberapa kali dan semuanya rasanya sama : SAKIT !
makanya saya juga pecaya, air mendidih itu panas !

ini yang kadang2 disebut sebagai fakta
semua orang percaya bahwa air mendidih itu panas, maka dari itu ini disebut fakta, karena berlaku untuk SEMUA OBJEK (bendanya adalah air mendidih, hubungannya dengan panas, objeknya manusia)
setidaknya hal ini berlaku untuk manusia
kalo untuk alien ? wah saya gatau !
mungkin aja ga panas buat mereka ?

fakta ga bisa dikatakan untuk hal2 yang subjektif dan tidak dibuktikan
tapi kadang2 secara teoritis, bisa dibuktikan disertai dengan konsekuensi
misalnya, membunuh itu ga baik !
anda ga harus membunuh untuk tau bahwa membunuh itu membuat semua orang sedih, setidaknya hampir semua
secara teoritis bisa dibuktikan
saya sendiri ngalamin bahwa orang yang meninggalkan saya itu agak menyakitkan
dan semua orang berkata demikian
makanya jangan membunuh
tetapi, teori soal pembunuhan ini harus disertai konsekuensi dan alasan yang logis
misalnya, ga baik karena membuat semua orang sedih
sedih itu ga baik karena bla3
panjang cerita
tapi sebelum saya memikirkan sampe ke sana, ya saya sendiri ga pecaya2 amat membunuh itu ga baik

yang kedua, anda mungkin bertanya, gimana tau ini orangtua saya ?
ya emang orangtua saya
ga tau biologis apa bukan, soalnya saya ga ngeliat sendiri saya dilahirin
tapi mereka ngerawat saya, yang saya inget dari 4 taun
dan itu memnuhi definisi orangtua buat saya pribadi
makanya saya percaya !

kalau ternyata memori saya dipermainkan, itu ga urusan
yang saya inget begini
mana mungkin saya memercayai sesuatu yang ga saya ingat sendiri ?
itu namanya kebohongan
kalo diberitakan ke publik, ini namanya kebohongan publik !




saya kasi contoh2 yang mengkontraskan antara fakta dengan kepercayaan

1. bumi berputar mengelilingi matahari VS matahari mengelilingi bumi
di jaman galileo, dia diancam hukuman mati karena bertentangan dengan dogma yang ada
padahal, bukti itu tersedia. BISA SAJA analisa galileo itu salah, tapi kesalahan itu harus dibuktikan dulu sebelum dia dihukum mati ! karena BISA SAJA DIA BENAR
Anda sendiri percaya gimana ?

2. Air mendidih itu panas VS Air panas itu mendidih
Air mendidih yang dipegang pasti panas ! itu uda dicoba
tetapi nyatanya, ga semua air panas yang saya pegang itu mendidih
kadang2 hal yang terlihat logis, blom tentu benar
kudu dicoba !

3. Tatasurya itu ada banyak VS Ada kehidupan lain di tatasurya lain
Yang pertama itu fakta ! uda dibuktikan sama astronom2 canggih itu
mengenai kehidupan lain itu ada, ini masih jadi persoalan. blom ada bukti !
jangan percaya begitu aja
kalo anda punya teori yang bisa menjelaskan semuanya dengan konsekuensinya, boleh anda percaya, silahkan
hal ini uda dilakukan oleh newton soal gravitasi. gravitasi itu ga terlihat kan ? tapi teorinya menjelaskan semua dengan konsekuensi
makanya gravitasi diterima sebagai fakta

4. Teori Aksi-reaksi VS Otak mengatur tindakan
Teori aksi reaksi datang dengan pembuktian yang begitu hebat. bukan hanya itu, cobalah tonjok tembok di sebelah anda ! tangan anda akan merasakan sakit bukan ? ini yang dimaksud oleh 'reaksi'.
topik yang kedua ini agak lucu
ilmuwan banyak yang BEGITU yakin bahwa otak mengatur penuh tindakan anda
mereka bahkan uda ada riset kok !
misalnya, ketika seorang anak melakukan apa, bagian otak mananya berfungsi
dan anak2 yang cacat, ternyata bagian otaknya juga ikutan rusak
yang lucu adalah, mereka ga pernah melakukan hal sebaliknya (mereka rusak otaknya, liat hasilnya) dan mereka percaya betul
saya kasih contoh yang mudah
ketika anda memencet bel, bel itu berbunyi
apa itu berarti ketika bel itu berbunyi, anda memencet bel ?
tidak, nyatanya bisa saja faktor lain terjadi
dan ketika hal ini ga bias dijelaskan dengan segala macem konsekuensinya, ini HARUSNYA dianggap ga valid
tapi bisa jadi petunjuk sih memang
tapi katanya sih, sejauh ini, blom ada hubungan bolakbalik
jadi, blom bisa diterima sebagai fakta global gitu



banyak fakta2 lain
dan kepercayaan tentunya
dan anda mengerti kan kenapa Agama itu dimasukkan ke sistem kepercayaan atau hal yang sejenisnya, bukannya fakta ?
karena Tuhan di tiap agama ga bisa dibuktikan sampe bisa disebut fakta
sejauh ini sih, blom ada yang divalidasi dunia sebagai fakta
bahkan beberapa hal ga bisa divalidasi oleh pengikutnya sendiri
tapi kalo soal agama, gamau saya bahas yaaaaa
jadi ricuh ah, ga sopan, bikin ribut aja, ga baik
hahaha
mau ngatain saya ateis, silahkan !
saya punay sistem kepercayaan berbasis fakta
(dan saya ga bisa bicara ama Tuhan)
mungkin saya hanya ga punya kemampuan untuk percaya
yang disebut 'iman'

No comments: